Tuesday, September 2, 2014

Setan musuh yang nyata

Dul:"Mad..; nt pernah liat setan ndak?"

Somad:"Pernah Dul.., bahkan gue sering liat setan Dul.."

Dul:"Aah yang bener nt Mad...; coba setan ntu kayak apa kalau nt pernah liat Mad.."

Somad:"Setan ntu sukanya membuat perselisihan Dul..; ”Dan katakanlah kepada Hamba-hambaku, “Hendaklah mereka mengucapkan Perkataan yang Baik (Benar). Sesungguhnya Setan itu menimbulkan perselisihan diantara mereka. Sesungguhnya Setan itu musuh nyata bagi manusia”(Al Israa:53)

Dul:"Aah ntu mah bukan setan Mad..., ntu mah orang..."

Somad:"Lah coba nt  baca redaksi ayatnya, setan ntu suka membuat
perselisihan, jadi kalau nt liat orang yang demen banget adu domba, ntu artinya nt sedang liat setan yg berujud manusia Dul...."

Dul:"Ane demen cara ngeles nt Mad...; trus ape lagi.."

Somad:"Setan ntu suka berbuat jahat Dul; “Sesungguhnya Setan itu hanya menyuruh kamu berbuat Jahat dan Keji, dan mengatakan kepada Allah yang tidak kamu ketahui”(Al Baqarah:169);“Trus lagi setan ntu suka kikir Dul; “Setan menjanjikan (menakut-nakuti) Kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (KIKIR), sedangkan Allah menjanjikan untukmu ampunan dari-nya dan Karunia. dan Allah Maha Luas (Karunia-nya) lagi maha mengetahui” (Al Baqarah:268)

Dul:"Iya Mad...; tapi pas bilang kikir jangan liat ke ane dong, emang ane setan apa..?"

Somad:"Lah wong kite cuman berdua, ya ane liatin nt.., emang mau lihat setan...; dah deh sekarang kite shalat dulu, biar ndak kayak setan, sebab setan itu suka ingkar kalau diperintah ama Allah.."

Dul:"Berarti orang yg ndak shalat kayak setan dong Mad...; iih serem banget..”

Somad:"Makanya nyok shalat..."

Dul:"Nyok...."

Selepas shalat, si Dul masih penasaran dengan sifat-sifat setan yang diceritakan sama Somad;

Dul:”Mad..selain nyang tadi nt sampein, ada lagi ndak sifat setan yang sering nt lihat dikeseharian kite..?”

Somad:”Lha Dul…; tadi shalat nt inget setan? Baru salam aje dah nanya setan lagi…”

Dul: ”Iye Mad…, ane tadi diganggu setan, shalat ane jadi ndak khusyu…”

Somad: “Dul…Dul; sifat setan selanjutnya ntu ‘Boros’, suka foya-foya dan menghamburkan uang buat sesuatu yang mubazir Dul, “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros”.‘Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah Saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya”.(Al Israa’ 26:27)

Dul: ”Waduuh…; kalau orang yang suka bakar petasan, ulang tahun, pesta-pesta ntu kan pemborosan Mad, berarti mereka saudara setan dong…”

Somad: ”Bukan ane yang bilang mereka saudara setan Dul, tapi Al Qur’an, tinggal kite instrospeksi saja kalau ndak mau dikatakan saudaranya setan…”

Dul:”Iye ye…, trus ape lagi Mad…?”

Somad: “Setan ntu suka pamer Dul, suka Riya’, kalau ibadah ndak ikhlas, kalau sedekah ingin dipuji, kalau haji pengen semua orang tau, kalau taklim pengen disebut alim, dan seterusnya, ketika seseorang melakukan ibadah disertai pamrih, ntu artinya hatinya sedang bersama setan, dia teman setan juge..”

Dul:” Ane mau insyaf aah Mad…; kayaknya sifat-sifat setan nyang nt sebutin, ada di ane semua…”

Somad:”Iye Dul…, ane juga sama, kite harus berhati-hati dengan perangkap setan yang licik dan halus, kalau kite ndak mau dikadalin setan, ya kite harus tahu tipu daya setan ntu apa saja…”

Dul:”Siap ustadz Somad…!”

Somad:”Dul..Dul, dah ane bilangin, ane bukan ustadz, ane ni muridnya ustadz, ane ni baru jadi santri di Cimaung…”

Dul: “ He he, siapapun nt, ane salut sama nt Mad….”

Somad: ”Ane juga acungin jempol buat nt Dul, nyang sudah jadi santri abadi disini….;

Dul:”Somaaad…..!”

No comments:

Post a Comment