Monday, May 7, 2012

INDAHNYA TAHAJUD

Shalat sunnah tahajud adalah salah satu amaliah sunnah yang redaksi perintahnya terdapat didalam al qur’an Mas…”

“Kalau biasanya yang menjadi rujukan amaliah sunnah itu dari tindakan, ucapan dan diamnya Nabi, maka Tahajud ini memiliki keistimewaan tersendiri, karena ‘perintah’ tahajud langsung didalam al qur’an….” Kata Ki Bijak sambil membacakan ayatnya yang terdapat pada surat Al Isra’:79;

z`ÏBur È@ø©9$# ô¤fygtFsù ¾ÏmÎ/ \'s#Ïù$tR y7©9 #Ó|¤tã br& y7sWyèö7tƒ y7/u $YB$s)tB #YŠqßJøt¤C ÇÐÒÈ
79.  Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.



Maula menghela nafas panjang dan segera mengamati ayat yang dibacakan gurunya; “Benar Ki….,hanya sedikit amaliah sunnah yang perintahnya secara langsung tercantum al qur’an, mungkin hanya tahajud, infaq dan sedekah, umroh dan berqur’ban pada hari raya idul adha…..” Kata Maula.

“Makanya wajar jika kemudian banyak ulama mencoba menggali berbagai’keistimewaan’ dari shalat tahajud ini….”

“Pendekatan mereka pun beragam, ada yang berdasarkan nash-nash hadits yang berkenaan dengan keistimewaan tahajud ini, atau ada juga berdasarkan pengalaman dan testimony ulama-ulama terdahulu, bahkan tidak jarang mereka yang ‘menemukan keistimewaan’ tahajud ini dari pengalamannya sendiri, setelah secara istiqomah menjalankan sunnah istimewa ini….” Kata Ki Bijak.

“Dari berbagai hadits, ada banyak keistimewaan yang secara jelas diungkapkan oleh baginda Rasul, diantaranya adalah bahwa baginda Rasul bersabda;

 "Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari per buatan dosa, penghapus kesalah an, dan pencegah segala penyakit dari tubuh…” Aki khilaf siapa perawi hadits ini, nanti coba Nak Mas cari siapa perawinya agar lebih mantap tahajudnya…” Kata Ki Bijak mengutip salah satu hadits mengenai keutamaan tahajud.

“Saat-saat keheningan malam, disaat kebanyakan manusia tertidur lelap, saat-saat itu saat terindah untuk bermunajat kepada Allah…, memohon ampun atas segala dosa-dosa kita yang demikian banyak, dan memanjatkan syukur atas semua karunia yang senantiasa tercurah kepada kita sepanjang hari, sepanjang waktu, mulai dari kita bangun tidur hingga kita tidur lagi, bahkan waktu tidur itu sendiripun merupakan karunia yang tidak terhingga dari Allah swt…..” Kata Ki Bijak lagi.

“Kedua, tahajud juga bermanfaat untuk merawat ketampanan atau kecantikan. "Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan/cantik di siang hari." (HR Ibnu Majah)”

“Masya Allah….., ternyata tahajud untuk memiliki manfaat bagi keindahan dan kesehatan ya ki….” Kata Maula.

“Ya Nak Mas…., kalau Nak Mas atau siapapun santri dan santriwati ingin tampil menawan, berwibawa, wajahnya memancarkan cahaya, tak perlu mahal-mahal kesalon kecantikan, cukup dengan menjaga wudhu untuk pembersihan dan kecantikan lahiriah, dan tahajud untuk memunculkan inner beauty yang bersumber dari dalam hati dan jiwa yang senantiasa berserah diri pada rabbnya…” Kata Ki Bijak.

“Ketiga, tahajud juga memiliki fungsi meningkatkan produktivitas kerja. "Setan membuat ikatan pada tengkuk salah seorang di antara kalian ketika tidur dengan tiga ikatan dan setiap kali memasang ikatan dia berkata: `Malam masih panjang, maka tidurlah.' Jika orang tadi bangun lalu berzikir kepada Allah SWT, maka terlepas satu ikatan, jika dia berwudhu, maka terlepas satu ikatan yang lainnya, dan jika dia melaksanakan shalat, maka terlepas semua ikatannya.da akhirnya, dia akan menjadi segar dengan jiwa yang bersih. Jika tidak, dia akan bangun dengan jiwa yang kotor yang diliputi rasa malas." (HR Bukhari).

“Keempat, mempercepat tercapainya cita-cita dan rasa aman. "Ketahuilah sesungguhnya Allah tertawa terhadap dua orang lakilaki: Seseorang yang bangun pada malam yang dingin dari ranjang dan selimutnya, lalu ia berwudhu dan melakukan shalat. Allah SWT berfirman kepada para MalaikatNya, "Apa yang mendorong hambaKu melakukan ini?" Mereka menjawab, "Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu." Allah berfirman, "Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan (cita-citakan) dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan." (HR Ahmad).

“ Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat ( waktu. ). Seandainya seorang Muslim meminta suatu kebaikan didunia maupun diakhirat kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam.” ( HR Muslim )

“Nabi SAW bersabda lagi :“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )
Maula masih asyik menyimak berbagai hikmah dan kebaikan yang terkandung dalam perintah Tahajud, segala keistimewaan yang Allah tawarkan kepada meraka yang mau menerimanya;

“Masya Allah, banyak sekali fadilah dan keutamaan tahajud ya ki….” Kata Maula.

“Akan jauh lebih banyak yang akan kita dapatkan ketika kita sudah mendawamkan tahajud sebagai amaliah kita yang utama selapas menjaga shalat fardhu Nak Mas…..;
“Aki sengaja tidak memaparkan semua keutamaan tahajud, agar Nak Mas menjadi penasaran untuk membuktikannya sendiri, sekedar apa yang Aki rasakan bahwa ketika Aki tahajud, maka sepanjang hari yang Aki lalui, Aki merasakan kemudahan, kedamaian, ketentraman dan rasa aman, yang insha Allah merupakan bukti shahih dari apa yang baginda Rasul sabdakan dalam hadits-haditsnya….” Kata Ki Bijak.

“Iya Ki…., jangka panjangnya tentu untuk mendapatkan tempat terpuji yang Allah janjikan ya ki, tapi ‘hadiah langsung’ dari tahajud bisa kita rasakan keesokan harinya ya ki….” Kata Maula.

“Insha Allah Nak Mas…., luruskan niat kita semata mengharap ridha Allah swt, insha Allah segala fadilah, baik yang tersurat dalam al qur’an dan hadits, atau pun yang Allah berikan secara langsung kepada siapa yang dikehendakinya, insha Allah dapat kita nikmati….” Kata Ki Bijak lagi.

“Terima kasih ki…,semoga ini menjadi sebuah solusi bagi ana, bagi santri dan santriwati disini, yang kadang mencari-cari jawaban atas berbagai persoalan yang ada…., dan hari ini, insha Allah, ana semakin yakin bahwa Allah telah membukakan pintu dan jawaban atas segala yang ana cari, yaitu tahajud….” Kata Maula.

“Satu jawaban untuk serangkaian persoalan,bukankah itu sebuah kemudahan Nak Mas…?’ Kadang kita yang sok tahu, sok pintar, mencari jawaban kesana kemari, padahal seribu empat ratus tahun lalu, jawaban itu sudah Allah berikan kepada kita…..: kalau ada orang islam yang masih bingung mencari-cari kemana dan bagaimana mengatasi problematika hidup, sangat mungkin orang itu tidak pernah baca al qur’an…., atau kalaupun baca, dia belum tahu artinya, atau kalau tahu arti harfiahnya, ia belum memahaminya dengan baik….; maha suci Allah yang telah menjadikan Al qur’an ini sebagai petunjuk, sebagai rahmat, sebagai obat, sebagai cahaya yang akan menuntun kita kearah yang diridhainya….”

“Baca dan pahami al qur;an….”

“Laksanakakan apa yang diperintahkan…”

“Jauhi apa yang dilarangnya…..”

“Selebihnya bertanya dan bergaul dengan para ulama, agar kita lebih paham dengan apa yang kita baca dan kita pelajari…., simple dan sederhana bukan..?” Kata Ki Bijak.

“Insha Allah ki…., mudah-mudahan Allah memberikan kekuatan dan kemampuan untuk dapat menikmati indahnya tahajud ya ki…” Kata Maula.

“Laa haula walaa quwaata ilabillahil’aliyyil adhiem……, insha Allah Nak Mas, mari kita berazam, semoga mulai hari ini dan seterusnya, tidak ada lagi malam yang terlewat tanpa tahajud…..” Kata Ki Bijak.

“Aamiin…..” Pungkas Maula.

Wassalam;

07 May 2012

2 comments:

  1. terima kasih. senang membaca tulisan dan dakwah yang tidak menggurui namun menyentuh.....barakallah....allahumma amin....

    ReplyDelete
  2. senang membaca tulisan dan dakwah yang sederhana, santun, dan tidak menggurui namun menyentuh....barakallah allahumma amin......salam

    ReplyDelete