Monday, February 23, 2015

22. DIA itu Dekat



Dul:”……..tak ada yang dapat menolong, selain yang disana, tak ada yang dapat membantu, selain yang disana….., dia_lah tuhan…”

Somad:”Nt lagi nyanyi Dul…?”

Dul:”Lagi nangis Mad…, tahu orang lagi nyanyi, pake nanya!”

Somad:”He he.., Dul.., ‘yang disana’ ntu siapa Dul..?”

Dul:”Yang disana ntu Allah, Somaad, pan lagunya gitu, ‘dia_lah…,tuhan..’, Mad..!”

Somad:”Kata ‘disana’ ntu Dul, kok kayaknya jauh banget?”

Dul:”Bentar Mad, bentar…, kayaknya pertanyaan nt nih dalem banget.., emang salah ya syair lagu Mad…?”

Somad:”Bukan salah Dul, hanya kita perlu tafakuri, karena kata ‘yang disana’ ntu menunjukan bahwa Allah ntu ‘jauh’, sementara keterangan di al Qur’an dan hadits menunjukan bahwa Allah ntu ‘disini’ Dul, dekat, bahkan sangat dekat..”

Dul:”Ane belum nyambung nih Mad…?”

Somad:”Dul…, coba nt baca lagi ni ayat; “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.(QS.2:186).”. Dalam ayat ni, Allah sendiri yang menyatakan bahwa ‘Dia ntu Dekat..’; kemudian juga dalam ayat ni Dul;”Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian dia bersemayam di atas ´arsy[1453] dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya [1454]. dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan (QS:57:04); kemudian lagi; “Dan Sesungguhnya kami Telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya (QS:50:16)”.

Dul:”Iya ya Mad…; semua ayat-ayat ni menyatakan Allah ntu ‘dekat’, tapi di dekat dimana ya Mad…?”

Somad:”Nt apa lagu ini Dul…;’Dia ada disini, didalam jiwa ini, berusahalah agar Dia slalu tersenyum…, ho ho, berusahalah agar Dia slalu tersenyum….”

Dul:”Iya ya ane baru ngeh, ni syair lagunya ndak konsisten, satu bilang ‘Yang disana’, satu lagi bilang ‘Dia ada disini..’, bikin orang bingung aja…”

Somad:”Dul…ntu kan lagu, biarin aja, lagian yang bingung nt, tidak semua orang, buktinya ane ndak bingung-bingung amat Dul….!”

Dul:”Mad….; maaf kata ya, kalau Dia ntu dekat, kenapa ane ndak bisa ‘melihat atau merasakannya’ Mad…?, apa Dia ntu terhalang sesuatu..?

Somad:”Dia ntu Maha Besar Dul, jadi tidak ada sesuatu apapun yang akan menghalangiNya…”

Dul:”Apa Dia ntu tersembunyi Mad..?”

Somad:”Bahkan Dia ntu sangat Nyata Dul…”

Dul:”Jadi kenapa dong ane ndak bisa ‘melihat’ Dia Mad..?”

Somad:”Satu-satunya alasan kenapa kita ndak bisa melihat Dia, karena kita tidak pernah mau melihatNya..;

Dul:”Maksudnya gimana tuh Mad..?

Somad:”Gini Dul..,nt tau ndak berapa banyak tanda lahir yang ada ditubuh nt..?”

Dul:”Waah mana ane tahu Mad..; lagian nt nanyanya yang ndak-ndak aja sih..”

Somad:”Bukankah tanda lahir ntu ada ditubuh nt sendiri Dul..; deket banget kan, tapi kenapa nt bisa ndak tahu..?”

Dul:”Somaaaad, iya benar ntu tanda lahir ada ditubuh ane, tapi ane kan ndak pernah perhatiin Mad…”

Somad:”Ntu jawabannya Dul…, kenapa nt ndak bisa ‘melihat Allah yang sangat dekat’, bukan karena apa-apa, tapi karena nt tidak pernah mau ‘memperhatikan’ dan tidak pernah mau ‘merasakan’ kedekatan kita dengan Allah…; sekarang coba nt perhatikan, siapa yang membuat nt bisa bicara? siapa yang menggerakan tangan nt, siapa yang mengedipkan mata nt, siapa yang mengalirkan darah didalam tubuh nt, siapa yang mendetakkan jantung nt, siapa yang memberikan lintasan pikiran dan lintasan dihati nt, pernah nt mencoba mencarinya Dul..?”

Dul:”Ndak pernah Dul…;ane pikir ntu semuakan sudah dari sononya Mad…”

Somad:”Dari sononya dari mana Dul..?” Dul.., apa yang tadi ane sebutkan ntu, tidak terjadi dengan sendirinya, tapi ada yang ‘melakukannya’, ada yang mengatur, ada yang mengawasi, ada yang mengendalikan, ada yang menggerakan, hingga nt bisa rasakan betapa teraturnya denyut jantung kita, betapa lancarnya aliran darah kita, betapa ringannya kedipan mata kita, betapa cepatnya gerak hati dan pikiran kita, ane yakin seyakin-yakinnya kalau semua ntu tidak ada yang ngatur, tubuh kita akan ‘meledak’ dan hancur Dul…”

Dul:”(diam tanpa suara, hening, hanya terdengar sedu sedan dari Dul yang nampak berat mengatur nafasnya)”
Somad:”Kenapa nt nangis Dul..?”

Dul:”Mad…, apa yang barusan nt omongin membuat ane merinding, ane merasa sangat-sangat bersalah pada Allah, yang selama ini ane abaikan…, ya Allah.., semoga Engkau ampuni kebodohan hambaMu ini, yang selama ini buta dan tidak bisa melihatMu yang sedemikian dekat.., Allah..Allah…Allah…”

Somad:”Terus ucapkan asmaNya Dul.., disetiap saat, disetiap waktu, dalam setiap tarikan nafasmu, bahkan tanpa perlu diucapkan, rasakan saja dalam hati, insya Allah nt akan merasakan betapa dekatnya Allah dengan kita ni…”

Dul:”Allah….Allah….Allah……”

No comments:

Post a Comment