Thursday, January 23, 2014

Si Dul & Somad Part 1



Si Dul nanya ke Somad:"Mat...menurut Lu, knp ye, hujan dijakarte ndak brenti2,pan udah direkayasa cuaca segale ntu ame bang gubernur..."

Somad:"Aye ndak tahu Dul..., lgian pake rekayase cuaca segale,emang hujan ndak ada yg ngatur apa...?emang hujan turun ndiri? emang awan lbh nurut ame garem drpada ame Allah..?"

Dul: :Iye ye..., kadang orang pinter pade belagu ye, cuaca pake direkayasa, coba ntu uang 28 milyar buat beli susu bayi, dpt berapa kontainer tuh ye.."

Somad: "Atau jgn2 langit dijakarte ini dah 'bocor' Dul..?
 
Dul:"Bocor gimane..?"
 
Somad:"Lah malem taun baru kemarin langit jakarte dberodong sm tembakan mercon sm petasan Dul, jadi mungkin sj pada bocor..."
 
Dul:"Bener juga ye..,tp untung kita ndak dibales pake tembakan mercon dr langit,coba kalau hujannya hujan meteor, habislah kita...."
 
Somad:"Iye Dul...;kayaknye kita bisa segera tobat nih,jgn2 hujan meteor itu bener2 akan terjadi...
 
Dul: "Nyok kita tobat Mad....."

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 
Dul: "Mad..,katanye Allah maha penyayang, kok kite dikasih banjir sih..?"
 
Somad:"Dul...,kalau anak kite berbuat nakal, yang akan membahayakan dirinye, ape Lu tega membiarkan anak Lu kecebur got..?"
 
Dul:"Ah NT Mad, ya tentu ndak lah,masak ane mau ngebiarin anak sendiri kecebur got...;nti tenggelem,mati donk anak ane..."
 
Somad:"Lalu ape nyang NT perbuat untuk mencegah anak NT kecebur got..?
 
Dul:"Tentu ane larang,ane nasehatin baek2..."
Somad:"Kalau anak NT tetep bandel..?"
 
Dul:"Paling ane jewer Mad..."
 
Somad:"Katanye NT sayang sm anak NT,kok dijewer..?"
 
Dul: "Lha daripade anak ane kelelep..,mending ane jewer Mad,nape sih Lu nanya gitu banget,pertanyaan gue kan cume knp Allah yg Maha penyayang kasih kita banjir Mad...."
 
Somad:"Dul..,kite nih persis kayak anak kecil yg sering berbuat seenaknya,hutan digundulin,laut diurug,gunung dipapas,jln air dipampetin...;kmd Allah tegur tuh kite baik2,dgn musibah kecil2an,spt got meluap dsb, eeh kitenya ndak nyadar juga, akhirnya, dgn kasih sayangNYA,Allah kasih deh kite banjir sebagai jeweran,bjn krn Allah ndak sayang sm kite Dul,tp agar kite nyadar perbuatan kite nih sudah membayakan kite,NT mau kite dilelepin sma Tsunami kayak di Aceh?
 
Dul:"Naudzubillah Mad..;pinter juge Lu y Mad....."
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Dul:"Mad..,menurut Lu,Allah itu adil ndak sih..?"
 
Somad:"Memang knp Dul, kok nanyain Allah adil ndak...?"
 
Dul:"Iye Mad..,gue kan pengen kayak orang2,punye duit banyak,punye rumah gedong,punye mobil, punye macem2 deh pokoknya..."
 
Somad:"Dul...NT lihat tuh pelangi diatas ono...,menurut Lu, knp pelangi itu indah..?
 
Dul:"Krn warna-warni Mad..,Lu kebiasaan nih muter2 jawabannya..."
 
Somad:"Lu juga lihat ntu gunung,knp orang2 tertarik dan mengatakan pegunungan itu indah..?"
 
Dul:"Ya karena puncaknye beda2 kali Mad..."
Somad:"Skr lihat jari2 Lu ni....;gimana kalau panjang rata..?"
 
Dul:"Lu Mad..,kalau ngomong..,jari2 kalau rata kayak adukan semen dong..."
 
Somad:"Begitulah hidup Dul, kalau semua orang punya mbl sendiri, ntu kopaja ama busway,siapa nyang mau naik? Lalu gimana nasib karyawan kopaja dan busyway..,kalau semua orang punya rumah mewah,siapa dong nanti yng mulungin sampah,kalau semua orang punya duit banyak, siapa dong nanti yang mau kerja,siapa yang mau jualan, Lu mau makan duit dong krn ndak ada orang jualan dipasar..?"
 
Dul:"Mad..Mad, omongan Lu kadang2 nylekit, tpi emang bener sih, kalau semua orang kaya,punya duit,punya mbl, siapa yang mau kotor2 disawah y..."
 
Somad:"Sekarang Lu masih meragukan bahwa Allah itu adil Dul, atau Lu pengin jari Lu panjang rata dulu, baru kemudian Lu akan mengatakan Allah ntu adil..?
 
Dul: :"Gue nyerah deh ngomong ama NT Mad,gue doain Lu jadi Kyai biar bisa nasehatin banyak orang, bkn cuman nasehatin gue..."
 
Somad:"Aamiin..."
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Dul: "Mad..,gue mau nanya ke NT nih, gue kan dah shalat,meski suka telat2,gue masih sempetin shalat 5 waktu..."
 
Somad:"Lalu ape masalahnye Dul..?"
 
Dul:"Knp gue ndak kaya spt orang2 y Mad..?"
 
Somad:"Astaghfirullah..jd selame ni NT shalat krn pengen kaya Dul..?"
 
Dul:"Lha emang nape..?"
 
Somad:"Dul..,shalat ntu bkn untuk jadi kaye;shalat ntu 'kebutuhan bathin kita,ibarat kate,shalat nih kayak vitamin buat jiwa kita,shalat ni kebutuhan kite,bkn untuk kaya Dul..."
 
Dul:"Gue masih bingung Mad..."
 
Somad:"Dul..,ndak ada ayat yg menyatakan 'shalatlah,maka nt akan kaya,nyang ada,shalat itu untuk mengingat Allah,shalat ntu untuk mencegah perbuatan keji dan munkar, kalau NT mau kaya, y kerja...."
 
Dul:"Jadi kite ndak perlu shalat untuk kaya Mad..?"
 
Somad:"Bkn bgt Dul..;spt aye bilang td,shalat itu untuk menyehatkan jiwa kita,membersihkan hati kita, nah ktk jiw nt bersih, ketika hati nt bersih, insya Allah deh usaha apapun yg nt lakukan jd berkah,kalau dagang,daganganye laku,kalau kerja, kerjaan nt dihargai dan seterusnya, dan dari situ,menjadi kaya itu sebuah keniscayaan...."
 
Dul:"Bahasa Nt mad, dah kayak pak ustadz aje, tp bener, gue setuju Mad dgn pendapat NT, thank ya bro...
 
Somad:"Siip..."
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Dul:"Mad..gue mo konfirmasi nih, NT ntu ustadz y..?"
 
Somad:"Ustadz dr mane? pan kite dr kecil ngaji bareng di bang Rozak Dul...;emang nape"
 
Dul:"Ndak Mad..,belakang ni gaya bicare NT ni dah kayak ustadz,bisa kasih gue nasehat,bisa ngasih gue pencerahan, kayak ustadz2 di TV ntu..."
 
Somad:"Dul..nt tahu mourinho...?
 
Dul:" Ye...pelatih chelsea kan..?"
 
Somad:"Dia ndak pernah jd pemain hebat,tp die bisa jadi pelatih yg hebat..., nt tau boyke..?"
 
Dul:"Mad..Mad..., ya tau lah, die orang kan ahli kandungan yg sering nongol di TV
 
Somad:"Boyke tdk pernah melahirkan,tp die bs jadi ahli kandungan yang terkenal..."
 
Dul:"Mad..gue nanya nt ustadz apa bkn, nape nt jawabnya ke mourinho dan boyke segale..?
 
Somad:"Dul...memberi nasehat, memberi pendapat,saran kpd yang meminta, itu kewajiban kite, jd kalau ane ngasih nasehat ato saran ke nt, ntu bkn berarti ane dah pinter, tp sbg kewajiban ane selaku muslim, nt inget kate bang Rozali, same sodare kite hrs saling menasehati..."
 
Dul:"iye Mad, gue inget..,alhamdulillah, nt bkn ustadz Mad...."
 
Somad:"Kalau ane jd ustadz emang nape..?"
 
Dul:"kalau nt jd ustadz, ane takut ndak bisa bayar honor nt Mad, kalau ane mau minta saran,ntar lu pasang tarif lg, he he..."
 
Somad:"Dul,,Dul,kalau nyang pasang tarif ntu bkn ustadz, biasanya yng pasang tarif tukang parkir, lgian td ane bilang, saling menasehati itu kewajiban kita, bkn cuman kewajiban ustadz atau kyai..."
 
Dul:"Iye pak ustadz Somad, siaaap..!
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Dul:"Mad...gue pernah kenal sm orang yang rajin banget kemasjid,tiap waktu die kemasjid, pegi hajinye aje dah balak-balik ampe tiga kali...."
 
Somad:"Waah bagus dong kalau nt deket sm ntu orang..."
 
Dul:"Bagus gimane,lah wong die ntu sombong banget Mad,jgnkan negur,ditegur aje banyak ndak nyahutnya, die jg ndak pernah dateng kalau ada acara warga, pokoknya secara sosial die'aneh' Mad...., knp bisa gitu y Mad, Lu kemarin kan bilang shalat ntu mencegah perbuatan keji dan munkar,tp kok ada orang shalatnya rajin, masih sombong Mad..?"
 
Somad:"Ayat innashalata tanha anil fahsaii wal munkar itu pasti bener Dul,nggak mungkin salah,kalau orang shalat bener,pasti orang ntu perilakunya akan baik.."
 
Dul:"Gimane dengan pak haji ntu...?"
 
Somad:"Lu harus tetap bersyukur kenal sm pak haji yang rajin shalat,tp masih sombong..."
 
Dul:"Bersyukur gimane maksud lu Mad..?"
 
Somad:"Ya bersyukur krn pak haji ntu rajin shalat,meskipun pak haji ntu sombong, Lu bayangin kalau pak haji ntu ndak shalat, pasti sombongnya ndak ketulungan atau mungkin ntu pak haji ndak mau kenal Lu..;sombongnya pak haji skr ini, msh ketulungan sm shalat fadhilah shalat Dul.."
 
Dul:"Lu emang paling bisa ngeles ya Mad....;tp bener juge y, kalau ntu pak haji ndak shalat, mungkin die bkn hanya sombong,bisa2 die jadi garong...."
 
Somad:"Nah Lu ngerti kan,jadi shalat ntu bener, shalat yg bener akan mencegah dari perbuatan keji dan munkar, dan seberapa besar efeknya, tergantung pada seberapa bener dan bagusnye shalat kite...."
 
Dul:"Gue demen banget deh ame Lu Mad..."
Somad:"Iiih amit2, sadar Dul,kite ni sama2 cowok, kok lu demen gue sih..?"
 
Dul:"??????"
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Somad:"Dul..ibarat kate ni ye, kite disuruh megang apapun yg ada didalam sebuah istana yang megah, apa aja lu boleh pegang, dan yg lu pegang, akan jadi milik lu,kira2 lu mau pilih apa..?"
 
Dul:"Gue akan pilih permata yang indah, perhiasan dan mutiara yg ada diistana ntu, lu mo pilih apa Mad...?
 
Somad:"Gue mau pegang raja saja Dul...."
 
Dul:"Knp lu cuman milih raja doang Mad...,knp lu ndak milih emas permata kayak gue..?"
 
Somad:"Krn perhiasan,intan permata,emas dan berlian yg ada diistana itu pasti milik sang raja, jadi drpada gue repot milih ini dan itu, gue pilih pemiliknya sj, yaitu raja, krn dgn memilih raja,artinya gue sdh memlliki semuanya...,termasuk emas permata yg lu pilih..."
 
Dul:"Lu pinter apa curang sih Mad...?;tp pasti dibalik pertanyaan lu ntu ada 'maksudnya ye..,kasih tahu gue?"
 
Somad:"Dul...Allah ntu Maha Raja, pemilik bumi,langit dan seisinya, ktk kita memilih Allah,artinya kita sudah memiliki segalanya, sementara kalau kita memilih harta,memilih dunia dan seisinya, blm tentu kite bisa memiliki Allah..."
 
Dul:"Busyet deh, dalem banget omongan lu Mad...,kalau kite punya Allah,kite memiliki segalanye,kalau kite memiliki segalanye, blm tentu kita punya Allah....;bener,bener Mad, gue ikut lu deh...."
 
Somad:"tumben lu cepet nangkepnye Dul...."
 
Dul:"Lah tiap hari gue diceramahin lu,masak ngak pinter2 Mad....
 
Somad:"He he...."
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Dul:"Mad...gue dah sering denger perintah zakat ntu wajib bagi kite, bs kagak lu terangin ke gue,maksud gue,yg bisa gue cerna pake otak gue yg cetek ni, knp kite mesti ngeluarin zakat,padahal kite yg cari duit,kite yg banting tulang,kite yg peras keringat,knp ntu hasil kerja kite hrs kita bagi dgn yg lain, lu paham maksud gue kan Mad,bkn gue meragukan perintah zakat,tp lu tau ndiri lah,otak gue ndak seencer otak nt..."
 
Somad:"Dul...lu pernah kagak,sehari sj lu ndak buang ni isi perut,krn lu habis makan enak,habis makan pizza misalnya..?"
 
Dul:"Lu Mad...,mau habis makan enak,mau habis makan mahal, kalau ndak dikeluarin,bisa jadi penyakit dong..."
 
Somad:"Lu tau kagak, knp pas bunga bawahnya mesti dilubangin...?"
 
Dul:"Kalau kagak ada lubangnya, airnya ngendap,ntar busuk tuh tanaman Mad..."
 
Somad:"Itulah alasan logis knp hrs ada yg dikeluarin dr harte kite Dul, spt makanan tadi,seenak dan semahal apapun, kalau bsknya ndak dikeluarin,bakal jadi penyakit,spt jg air yg kite siramin ke pot bunga, kalau kagak ngalir,tanaman jd busuk..; harte kitepun bgt 

Dul,meski kite yg kerja,meski kite yg banting tulang,meski kite yg peras keringat,tetep hrs kite keluarin,agar harta kite bersih dan sehat..."
 
Dul:"Gue ngerti Mad...,blh satu contoh lg pak ustadz Somad..he he..?
Somad:"Kalau lu beli duren,yg ditimbang ntu termasuk kulitnya,apa krn alasan ntu,lu mau makan juga tuh kulit duren?
 
Dul:"Buset deh,emang gue kuda lumping makan kulit duren,,?
 
Somad:"Kalau lu beli ayam,harga ayam ntu termasuk bulunya,apa lu mau makan bulu ayamnya juga krn sayang kalau dibuang..?
 
Dul:"Udah..udah Mad, gue paham Mad, contohnye telek banget lu..."
 
Somad:"Emang hrs gitu biar kita cepet ngerti,lu ngerti skr,,?
 
Dul:"Ngerti pak ustadz..............."

No comments:

Post a Comment