Friday, August 22, 2014

Belajar dari Cicak



Dul:”Mad…, gimana caranya agar kita tidak mudah mengeluh dalam menjalani kehidupan ini Mad…?”

Somad:”Gampang Dul.., belajar saja dari Cicak..!”

Dul:”Somaaad..!, kemarin ane disuruh belajar dari burung, kemudian ane disuruh getok batu, sekarang lebih parah, suruh belajar dari Cicak, apa hubungannya dengan pertanyaan ane Somaaaad..!”

Somad:”Nt perhatikan ntu Cicak Dul.., Cicak bisa terbang ndak..?”

Dul:”Mad…anak nt yang umur setahun aja tahu kalau Cicak ntu ndak bisa terbang, pake nanya lagi ke ane…, ya ndak bisa Somaad!”

Somad:”Kalau nyamuk, bisa terbang Dul..?”

Dul:”Bisa..,kalau naik pesawat jet !,kesel ane…”

Somad:”Dul sahabatku yang baik hati, jangan marah-marah terus, nanti tambah jelek loh….; sekarang coba nt perhatiin ntu Cicak yang ndak bisa terbang, tapi Allah kasih makanan Cicak ntu nyamuk yang justru bisa terbang, secara logika, mestinya Cicak akan kesulitan menangkap nyamuk yang bisa terbang, sementara Cicak hanya bisa merayap, betul ndak..?”

Dul:”Bentar…, bentar Mad…, iya ya, ntuk Cicak bisanya cuman merayap, sementara nyamuk terbangnya gesit banget, tapi kok bisa ya Cicak makan nyamuk..?”

Somad:”Sekarang ane tanya ke nt Dul, nt pernah dengar ndak Cicak ngeluh atau protes ke Allah, ‘ya Allah kenapa ane dikasih makan nyamuk yang susah ane tangkep, ane kan ndak bisa terbang, sementara nyamuk kan bisa terbang ya Allah’ , pernah nt dengar Cicak ngeluh gitu..?

Dul:”Mana ane tahu Mad..,emang ane Angling Darma yang bisa mengerti bahasa Cicak…, tapi bener juga ya, kenapa Cicak ndak protes ke Allah kalau makanannya susah ditangkap ya Mad..?”

Somad:”Nah ntu dia Dul, Cicak aja ndak pernah protes meski susah nangkap nyamuk, sementara nt, bisanya ngeluh mulu, kurang dikit, ngeluh, susah dikit, ngeluh, kehujanan dikit, ngeluh, kepanasan juga ngeluh, kapan syukurnya Dul.., malu dong sama Cicak…!”

Dul:”Nt emang paling bisa kalau buat permisalan Mad, iya ya, ane baru nyadar kalau seharusnya kita ntu banyakin syukur dari pada banyak ngeluh ya Mad..”

Somad:”Silahkan saja nt ngeluh Dul, kalau ndak malu sama Cicak.., he he…”

Dul:”Ndak ah, mulai sekarang ane pengen banyakin rasa syukur, ane ndak mau diketawain sama Cicak Mad…”

Somad:”Siiiplah kalau nt ngerti Dul..”

No comments:

Post a Comment