Friday, August 22, 2014

Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un


Dul:"Mad...; nt kan sedikit banyak tahu tuh ayat qur'an, kira-kira ayat mana yang paling bagus dan paling berguna bagi ane ya Mad..."

Somad:"Ayat al qur'an ntu bagus semua dan merupakan satu kesatuan yang utuh Dul, ndak bisa dipisah-pisah, malah nanti salah tafsir lagi..."

Dul:"Iya ane ngerti Mad..., maksud ane, ayat yang simpel, tapi bisa ane jadikan pegangan biar hidup ane tidak terombang-ambing kayak sekarang ni Mad..., nt tahu ndiri ane hafalan qur'an ane kayak apa.."

Somad:"Maksa banget sih nt Dul....; kalau nt mau tafakur, tafakuri saja satu ayat yang insya Allah akan membuat hidup nt stabil Dul....;

Dul:”Naaah ntu yang ane maksud Mad..., ayatnya apaan tuh?

Somad:”Inna lillahi wa inna ilahi roji'un Dul..."

Dul:"Somaaaaad, nt nyumpahin ane mati...?!!

Somad:"Lah pan nt tadi minta dikasih tahu ayat yang bisa buat hidup nt stabil Mad, ya ntu ayatnya Dul...!"

Dul:"Somaaad, dimana - mana, inna lillahi wa inna ilaaihi roji'un ntu untuk orang mati!

Somad:"Bukan Dul..., ayat ntu bukan hanya untuk orang mati, tapi justru untuk orang hidup...!

Dul:"Maksud nt Mad..?”

Somad:"Coba nt tafakuri ayat ntu, 'Semua dari Allah, dan akan kembali kepada Allah', artinya ketika nt kaya, kekayaan ntu datangnya dari Allah, bukan karena nt pinter atau karena nt hebat, semua datangnya dari Allah..; pun ketika kemudian nt jatuh miskin secara syari'at, harta dan kekayaan nt habis semua, hakekatnya kekayaan nt ntu kembali kepada pemiliknya yang hakiki, yaitu Allah..."

Dul:"Trus..?”

Somad:"Ketika nt menyadari dan memahami apapun yang ada pada nt ntu dari Allah, maka nt tidak akan menjadi sombong dan lupa diri ketika dititipi amanah seperti harta, pangkat ataupun jabatan, karena nt sadar bahwa semua ntu milik Allah, ndak ada yang perlu disombongkan, ndak ada yang perlu dibangga – banggakan, pun nt tidak akan menangis tersedu, manakala amanah itu kembali pada Allah, harta nt habis misalnya, jabatan nt berakhir misalnya, pangkat nt pun tidak lagi bisa nt banggakan misalnya, hidup nt akan tetap stabil, tenang, tentram, tidak goyah oleh pusaran badai kehidupan sekalipun, karena sekali lagi, nt yakin, semua dari Allah dan akan kembali kepada Allah, paham Bro..?

Dul:"Jempol buat nt Mad....; ternyata inna lillahi wa inna ilaihi roji'un ntu dalem banget ye maknanya.."

Somad:"Mangkanya Dul, jangan cepat berpuas diri, terus dan terus kita tambah ilmu, insya Allah hidup kita akan diberi kemudahan sama Allah.."

Dul:"Iya Mad..., ane mau beneran aah ngajinya...

Somad:"Jadi selama ini nt ngajinya bohongan Dul?

Dul:"Ikut - ikutan doang, yang penting rame, he he .

Somad:”??????..”

No comments:

Post a Comment