Tuesday, August 26, 2014

Segenggam Garam

Segenggam Garam

Dul:”Mad.., ada nggak sih rumus atau formula untuk mengurangi beban hidup..?

Somad:”Maksud nt Dul..?

Dul:”Iya Mad, hampir tiap hari, kitakan selalu dihadapkan pada berbagai masalah, baik ntu masalah dikantor lah, masalah dengan temanlah, masalah keluarga, masalah keuangan dan berbagai masalah lainnya yang datang silih berganti dalam hidup kite, maksud ane bagaimana caranya agar masalah ntu tidak ‘terasa pahit’ banget dan kita bisa melaluinya dengan enjoy...”

Somad:”Wuih pake kata enjoy segala nt Dul..., belajar dimana nt Dul..?”

Dul:”Lah pan tiap hari ane dicecokin nt ama bahasa-bahasa intelek Mad, masak ndak ada yang nyangkut.., udah deh jangan ngeledek ane mulu, jawab tuh pertanyaan ane..!

Somad:”Dul..., boleh ndak ane minta empat sendok garam..?”

Dul:”Somaad, nt kebiasaan nih, apa yang ditanya, apa yang diminta, ini pake minta garam segala, nih ambil sekantong sekalian...”

Somad:”Sekarang ane masukin ni garam kedalam gelas ini, dan ane aduk sampe rata..; nah sekarang nt cobain ni campuran air dan garam, pasti nikmat Dul..”

Dul:”Somaad.., mana ada air sama garam diaduk jadi nikmat, yang ada getir iya, ndak mau, ane ndak mau cobain..!”

Somad:”Kalau nt ndak mau cobain, maka ane ndak akan bisa jawab pertanyaan nt tadi Dul..., kalau pake bahasa yang panjang lebar, nanti nt pusing lagi, dah cobain dikit aje...”

Dul:”Somaad.., Somaad, dah sini...., puuuuh, asin banget Somaaaad..!!!!!”

Somad:”He he..., sekarang kita main ke sendang yuk Dul...”

Dul:”Mad..., nt dendam sama ane Mad..., abis suruh minum air garam, sekarang ngajak ke sendang, jangan-jangan sampe sana nt suruh ane masuk ke sendang lagi.., aneh-aneh saja nih bocah yang atu..”

Somad:”Udah..,ikut aja...”

Dul:”Sekarang apa lagi Mad...?”

Somad:”Ane mau masukin ini sisa garam yang sekantong tadi kedalam ni sendang...”

Dul:”Trus..?”

Somad:”Nah garamnya sudah ane masukin semua, sekarang coba nt rasain air sendang yang bening ini..?”

Dul:”Somaaad, ndak suruh nyebur, malah suruh ngerasain air sendang..., nih ane minum airnya Mad..!”

Somad:”Bagaimana rasanya Dul.., apa kerasa asin?”

Dul:”Ndak Mad..., biasa saja, rasa air tawar yang segar...”

Somad:”Sekarang jawab pertanyaan ane, kenapa garam yang dua sendok didalam gelas tadi terasa sangat getir, tapi garam yang hampir sebungkus tadi, tidak mempengaruhi rasa air sendang ini..?”

Dul:”Ini pasti pertanyaan jebakan lagi.., ya karena garam yang dua sendok ntu hanya dicampur dengan air segelas, maka asinnya garam kerasa banget Mad..., sementara garam sekantong tadi kan nt campurin ke  air sendang yang seluas ini, ndak ngaruh lah...”

Somad:”Tepat Dul..., ntu jawaban pertanyaan nt tadi...”

Dul:”Jawaban apaan Mad...lah tibang garam sama air doang, nt bilang jawaban..!”

Somad:”Dul...garam ntu ibarat ‘masalah’, sementara air digelas dan air sendang ntu ibarat ‘kondisi hati kita..’

Dul:”Trus...?”

Somad:”Ketika garam cuman dua sendok, dimasukan kedalam air yang cuman segelas, akan terasa sangat getir.., ntu seperti masalah yang sebenarnya kecil, masalah yang biasa-biasa saja, tapi ketika kita masukin kedalam hati kita yang kerdil, maka masalah ntu akan terasa sangat berat, sangat getir....; sementara ketika garam yang lebih banyak tadi ane masukin kedalam sendang yang luas, justru sama sekali tidak mempengaruhi rasa air sendang, ntu seperti kita dikasih masalah, dikasih ujian sama Allah, lebih berat dari orang lain misalnya, tapi kita menerimanya dengan kelapangan dada, kita menyikapinya dengan kebesaran jiwa, kita menerimanya dengan kebesaran hati, maka insya Allah masalah atau ujian apapun yang Allah berikan kepada kita, tidak akan membuat kita putus asa, tidak akan membuat kita meratap, tidak akan membuat gelap mata, tidak akan membuat kita menyalahkan Allah, karena seperti air sendang yang bisa menetralisir rasa garam yang asin dengan airnya yang banyak, kebesaran jiwa kita, kebesaran hati kita, akan mampu menetralisir tekanan masalah yang sedang kita hadapi, sampe sini nt paham Dul..?

Dul:”Insya Allah ane ngerti sekarang, hanya ane belum bisa terima rasa asin ini, getir banget Mad.., nt tega banget ame ane…”

Somad:”Tapi hikmahnya nt jadi ngerti bagaimana cara kita menghadapi masalah kan Dul…, yaah getir dikit karena garam mah ndak apa-apa, itung-itung jamu, daripada nt tiap hari getir terus didera masalah Dul…, he he..”

Dul:”Iya deh..,ane ndak bakalan menang lawan nt Mad….; tapi makasih banget loh Mad, ane jadi agak enakan nih sekarang, dan ruwet lagi…”

Somad:”Ndak harus berterima kasih pada ane Dul, ucapkan saja Alhamdulillah pada Allah, karena ntu memang hak nt untuk tahu, ane hanya jadi wasilah Allah untuk menyampaikannya ken t…”

Dul:”Alhamdulillah ya Allah…, terima kasih sudah memberikan ane teman yang bernama Somad, meski kadang keterlaluan, tapi sebenarnya dia baik ya Allah, moga besok-besok kalau Somad mau kasih contoh ndak harus pake minum air garam lagi ya Allah…Aamiin..”

Somad:”Aamiin…., Dul…Dul, sudah bersyukur, masih ditambahin keluhan….”

No comments:

Post a Comment