Thursday, August 28, 2014

Ujian itu Kesempatan


Dul:"Mad....;ane lg pusing nih...."

Somad:" Knp Dul...kok pusing mulu...."

Dul:"Iya nih Mad...ane lg banyak masalah, bkn masalah ane sih sebenarnya, tp masalah keluarga besar ane, adik dan orang tua ane, jd kan mau ndak mau ane kefikiran juga.."

Somad:" Alhamdulillah....."

Dul:"Somaaaaaad; orang lg dirundung masalah malah bilang alhamdulillah...tega nt y Mad..."

Somad:"He he tenang Dul....; orang yang sedang dirundung masalah itu spt orang yang sedang mengikuti ujian Dul; artinya dia sedang diberi kesempatan untuk naik kelas...."

Dul:"Maksud nt Mad....?"

Somad:"Dul sahabatku yang baik hati..;anak sekolah yg mau naik kelas, harus ikut ujian dulu, mahasiswa yg pengen jadi sarjana, hrs melewati ujian dulu....;pun dengan kita, ketika kita ingin 'naik kelas' kita hrs melewati ujian dulu....itu sunatullahnya...."

Dul:"Iya Somaaaad, tp ini ujiannya berat banget....!!"

Somad:"Alhamdulillah...."

Dul:"Kok Alhamdulilllah lagi sih...ane kan bilang ujiannya berat banget Somaaddd!!"

Somad:"Dul....; anak SD akan diuji dengan materi SD, anak SMP akan diuji sesuai dgn tingkatannya, pun SMA dan Mahasiswa, akan diuji dengan ujian yg setara dgn tingkat kemampuannya...;nah kalau skr nt diuji dengan ujian yang berat, mungkin Allah untuk menempatkan nt di tingkatan sarjana, jadi wajar kalau ujiannya berat...,masak sarjana diuji dengan materi anak TK..?"

Dul:"Jdi ane mesti gimana Mad...?"

Somad:"Pertama...Allah tdk akan menguji kita dengan ujian yang melebihi batas kemampuan kita, jd nt harus yakin bahwa nt bisa menjalani ujian ini....;

Dul:"Trus....?"

Somad:"Trus...nt amalin tuh apa yang sdh guru ajarkan..'ulah loba teuing mikir, tanceupkeun ka hate...,kembalikan kepada Allah, inna lillahi wa inna ilaihi roji;un...,mangga gusti...,nuhun gusti...; masak nt lupa baru semalam guru bicara spt itu Dul..?

Dul:"Astaghfirullah...benar Mad...; ah dasar setan, kerjaannya nakut-nakutin ane mulu...."

Somad:"Dul...kalau setan menakut-nakuti kita dengan perasaan cemas,khawatir,galau, itu memang sudah pekerjaan setan.., nt bayangin kalau setan ndak punya kerjaan, setan nganggur, kemudian setan pada demo ke depnaker..kan malah repot Dul..."

Dul:"Nt Mad....masak ada setan demo....Mad...!!

Somad:"He he...,makanya Dul...,biarin setan dengan kerjaanya, selama kita masih pake rompi anti setan, insya Allah setan ndak bakal bisa menggoda dan menakuti kita Dul...."

Dul:"Rompi anti setan apaan tuh Mad...?"

Somad:"Dul.....Kalimat Laa ilaha ilallah itu senjata paling sakti, temeng paling kuat yang tidak akan tembus oleh godaan setan macam apapun kalau kita sudah bisa makenya...."

Dul:"Astaghfirullah......;knp ane lupa y Mad....?"

Somad:"Ntu krn nt belum pake Laa ilaha ilallah dengan benar Dul...; coba kalau nt sdh bener makenya, ndak bakalan nt pusing kayak gini...."

Dul:"Emang nt sdh bisa Mad..?"

Somad:"Belum Dul...."

Dul:"Kok nt tadi bilang ane sj yang belum bisa make laa ilaha ilallah?

Somad:"He he skr kan ceritanya nt yang nanya, ane yg jawab,yg ditanya itu mesti rada pinteran dikit dr yang nanya Dul...he he..."

Dul:"Bisa aja nt Mad...., tp bener juga sih, ane merasa belum make laa ilaha ilallah dengan benr Mad..."

Somad:"Makanya rajin2 datang ke majelis Dul....,biar kita ndak kalah mulu sama setan...."

Dul:"Siap Mad....!!

No comments:

Post a Comment