Monday, February 5, 2007

KIAMAT SUDAH DEKAT

17. Allah-lah yang menurunkan Kitab dengan (membawa) kebenaran dan (menurunkan) neraca (keadilan). dan tahukah kamu, boleh jadi hari kiamat itu (sudah) dekat ?(Asy Syuura:18)


Kiamat, dengan berbagai padanan katanya seperti Yaumil Akhir, Yaumil Haqqa dan lainnya, digambarkan Allah sebagai suatu kejadian yang luar biasa dahsyat. Kalau gempa dan tsunami yang terjadi di Aceh lalu merupakan tsunami dan gempa terbesar baik dari skala maupun korban yang terjadi, maka kiamat, konon jauh lebih besar dari kejadian itu.

Allah melukiskannya begini;

1. Hari kiamat,
2. Apakah hari kiamat itu?
3. Tahukah kamu apakah hari kiamat itu?
4. Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran,
5. Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.
6. Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya,
7. Maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan.

Kita, manusia kata Allah, laksana anai-anai yang berterbangan, bahkan gunung-gunung yang sekarang tampak kokoh berdiri, menjulang mencakar langit, nanti pada hari kiamat tak lebih bagaikan ibarat bulu-bulu yang dihamburkan, sungguh sebuah peristiwa maha dahsyat dan mungkin tak pernah terbayangkan oleh kita.

Ketika langit runtuh, ketika bumi mengeluarkan apa yang dikandungnya, ketika ibu yang tengah menyusui pun lupa akan anaknya, ketika semua hancur berantakan, ketika itulah akhir kehidupan.

Setidaknya ada empat nama surat dalam al qur’an yang memiliki arti hari kiamat, yaitu;

Al Waaqi’ah – Surat ke 56,
Al Haqqa – Surat ke 69
Al Qiyamah – Surat ke 75
Al Qoriah – Surat ke 101

Untuk apa? Untuk menghilangkan keraguan kita akan terjadinya kiamat. Dari sebagian tanda-tanda kiamat menjelang, diantara bahkan sudah dapat kita temui dalam keseharian kita;

• Menghias masjid dan membanggakannya
"Di antara tanda-tanda telah dekatnya kiamat ialah manusia bermegah-megahan dalam mendirikan masjid" - Riwayat Nasai. Bukankah tanda-tanda ini demikian jelas didepan mata kita? Kita akan dengan mudah menemukan masjid yang luar biasa megah, bahkan berkubah emas, tapi akan sangat sulit bagi kita menemukan masjid yang selalu penuh setiap waktu shalat dan menjadikan masjid sebagai pusat aktivitas kehidupan. Kita hanya rajin membangun masjid secara fisik tapi kadang lupa membangun masjid dihati kita.
• Jarak-jarak antara pasar menjadi dekat (menunjukkan banyaknya kegiatan perdagangan)
"Banyaknya sifat bohong, pendeknya waktu, dekatnya jarak-jarak antara pasar-pasar." - Riwayat Bukhari – lihat betapa dekatnya jarak antara mall yang satu ke mall yang lain. Perhatikan betapa ramai mall-mall itu disetiap waktu, sungguh bertolak belakang dengan kondisi masjid yang selalu sepi.
• Banyak wanita yang berpakaian tetapi hakikatnya telanjang
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a.
"Di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah akan muncul pakaian-pakaian wanita dan apabila mereka memakainya keadaannya seperti telanjang."
Di Televisi, di surat kabar dan bahkan disekililing kita, fenomena ini sudah sedemikian bisa. Mereka, para wanita sudah sedemikian biasa memamerkan auratnya tanda rasa bersalah dan dosa, dan kita pun seolah menikmatinya, rezeki, katanya.
• Dan masih banyak lagi ciri-ciri yang sudah demikian nampak, seperti sebuah kiasan yang digambarkan dengan “matahari akan terbit dari barat.
Matahari adalah simbol kehidupan, dan ketika kehidupan kita lebih cenderung berkiblat ke barat (baca: Eropa dan Amerika), ketika semua apa yang datang dari barat itu kita telan tanpa saringan ilmu dan iman, maka yang terjadi kemudian adalah seperti apa yang kita saksikan dan kita rasakan saat ini, degradasi iman, kebrobrokan ahlak dan moral, budaya kumpul kebo, budaya minum khamr, judi dan tata nilai yang tidak sejalan dengan norma agama dan susila seolah menjadi suatu yang “lumrah”.
Jika sudah sedemikian banyak tanda-tanda kehancuran dan kiamat itu yang dapat kita lihat dan kita rasakan, masihkah kita menunggu untuk bersegera memperbaiki diri dan bertobat?
Mumpung kita masih diberi waktu, mumpung tobat kita masih mungkin diterima, mumpung masih ada kesempatan, Nyok kita bareng-bareng ngumpulin bekel untuk menyongsong hari yang tidak mungkin didustakan kedatangannya, hari itu adalah hari Kiamat, yang boleh jadi hari kiamat itu (sudah) dekat ?
Wassalam
Januari 31, 2007

No comments:

Post a Comment